Persiapan Timnas Brasil dan Peluang Bermain Tanpa Neymar

timnas brasil di Piala dunia 2018

Sejak bersama Adenor Leonardo Bacchi atau yang akrab dipanggil Tite, di tahun 2016 sebagai pelatih timnas Brasil, mereka sudah meraih kemenangan dan menjadi tim pertama yang masuk ke babak selanjutnya di Piala Dunia 2018.

Timnas Brasil memang berupaya keras kembali ke jalur kemennagan setelah sebelumnya gagal melawan timnas Jerman dengan skor 7-1 di markasnya di babak semifinal Piala Dunia 2014. Neymar yang menepi saat itu mengalami cedera, dan kini waktunya untuk dia kembali memperkuat Brasil di Rusia.

Akan tetapi, skuad timnas Brasil 2018 saat ini diharapkan tidak terlalu bergantung pada Neymar. Dalam enam laga ujicoba mereka, tim Samba nyatanya dapat mencatatkan 4 kemenangan, termasuk saat melawan timans Jerman di Berlin Maret lalu tanpa Ney.

“Ney pastinya akan diharapkan masuk ke timnas. Tapi, dengan tak adanya dia, kadang membantu kami menemukan gaya bermain dengan baik,” ujar bek Brasil, Thiago Silva.

Skuad timnas Brasil 2018 saat ini terlihat lebih matang dan baru di lapangan dengan banyaknya pemain dunia di tiap posisinya. Mereka begitu dominan saat tampil dalam laga kualifikasi Piala Dunia di Amerika Selatan yang lalu.

Namun, Brasil diyakini akan tampil mematikan di Rusia dengan hadirnya Neymar yang sudah pulih dari cederanya.

Berikut Situasi Pelatih dan Pemain tim nasional Brasil saat ini :

  • Pelatih

Selama dua tahun ini, Tite sukses membawa Brasil, yang sebelumnya gagal menjadi salah satu tim unggulan di Piala Dunia 2018. Tite saat ini lebih menampilkan keseimbangan tim. Pelatih 56 tahun itu, mempunyai catatan apik saat menjadi pelatih klub. Ia  memimpin Corinthians meraih prestasi di berbagai kompetisi dari musim 2010 hingga 2015.

  • Kiper

Alisson Becker menjadi kiper utama AS Roma yang dikagumi legenda Italia, Gianluigi Buffon. Bakat Alisson dengan kedua tangannya dan kakinya menjadikan Tite memilihnya menjadi kiper utama dan Ederson di posisi kedua. Untuk pilihan ketiga, ada kiper Corinthians, Cassio.

  • Belakang

Dari 12 laga di babak kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan, Brasil hanya kemasukan tiga gol. Lini belakang timnas diperkuat oleh pemain Paris Saint-Germain, Dani Alves dan Marquinhos, pemain Inter Milan, Miranda, serta bek Real Madird, yakni Marcelo.

Di posisi pemain cadangan, sepertinya akan ada Thiago Silva dan Alex Sandro, juga Danilo dan Fagner.

  • Tengah

Bersama pelatih timnas Brasil ini, Phillippe Coutinho sepertinya akan menggantikan Renato Augusto di posisi ini. Nantinya, posisi Coutinho sepertinya akan dimainkan Willian. Jika tampil dengan skema bertahan, tempat Renato Augusto akan dimainkan Fernandinho. Sementara Casemiro akan berada di lini tengah. Paulinho merupakan pemain jangkar bersiap di sisi penyerang dan pertahanan.

  • Depan

Walau Neymar kembali sehat, penampilannya baru akan kembali saat sudah tampil di Rusia. Tite mungkin akan menurunkan Willian menggantikan Ney. Gabriel Jesus sendiri akan bersaing dengan Roberto Firmino. Dengan Douglas Costa dan Taison menjadi pemain cadangan.

Fase Grup

Timnas Brasil sendiri akan tinggal di Sochi pada Piala Dunia 2018 mendatang. Timnas akan melawan timnas Swiss di Rostov-on-Don pada 17 Juni. Lalu, laga Brasil VS Kosta Rika 22 Juni 2018 mendatang akan dihelat di St. Peterseburg dan melawan Serbia di Moskwa pada 27 Juni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *